Kumpulan kata mutiara dan Puisi Terlengkap

Rabu, 22 Februari 2012

Pentingnya Air Putih

Pentingnya Air Putih - Air Putih - Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh - Pentingnya Air Putih Bagi Kesehatan
Mengapa Perlu Minum Air Putih Banyak-banyak?
Jawabannya adalah sekitar 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air lebih dari 80 persen. Organ tubuh yang membutuhkan dan penting mendapatkan kadar air diatas 80 persen adalah OTAK dan DARAH.

Otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen, sementara Darah memiliki komponen air sebanyak 95 persen. Jatah minum manusia normal sekurangnya 2 liter atau 8 gelas air putih sehari. Jumlah diatas harus di tambah bila anda seorang perokok. Air sebanyak itu digunakan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita melalui air seni, keringat, pernafasan, dan sekresi.

BILA KURANG AIR PUTIH
Apa yang terjadi bila tubuh kita kekurangan air putih? Apa yang terjadi jika kita mengkonsumsi kurang dari 2Liter air sehari?

Jawabannya:
Tubuh kita akan menyeimbangkan diri. Caranya, dengan menyedot air dari komponen tubuh sendiri. Dari otak...? Tentu saja tidak. Tubuh akan menyedot air dari sumber terdekat, yakni darah. Darah yang disedot airnya akan terjadi kental. Akibat pengentalan darah, maka peredaran darah akan kurang lancar di bandingkan darah yang encer.

Darah dan Ginjal

Saat darah kental melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah), ginjal akan bekerja ektra keras menyaring darah. Oleh karena itu saringan dalam ginjal sangat halus, tidak jarang darah yang kental dapat menyebabkan glomerulus ginjal menjadi robek. Akibatnya air seni akan menjadi berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saluran saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400 ribu rupiah/minggu untuk berobat cuci darah.

Darah dan Otak
Saat darah kental melewati otak, peredaran darah menjadi terhambat. Otak tidak lagi "encer". Dan karena sel-sel otak yang paling boros mengkonsumsi makanan oksigen, lambatnya aliran darah ini dapat menyebabkan sel-sel otak cepat mati dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini akibat otak kekurangan makanan dan oksigen.

Darah dan Jantung
Bila kita kaitkan dengan penyakit jantung. Tentu saja jantung bekerja semakin berat bila darah mengental. Maka serangan jantung. atau stroke semakin mudah terjadi.

Sekarang tinggal anda pilih: memupuk modal kesehatan dengan cara minum air putih paling sedikit 8 (delapan) gelas sehari. Atau anda mulai hidup diancam serangan penyakit giinjal atau serangan stroke (jantung). Ayo, anda tinggal memilih saja! Semoga bermanfaat.

Pentingnya Air Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iman Zenit