Jumat, 10 Februari 2012

Ringankan Gangguan Pencernaan Dengan Sit Up

Ringankan Gangguan Pencernaan Dengan Sit Up - Artikel kesehatan

Ringankan Gangguan Pencernaan Dengan Sit Up - Dengan sit up faktanya bisa membantu mengurangi lemak di perut, dengan begitu ala hasil sampai bisa mengecilkan perut yang buncit sekalipun. Dan ternyata hal yang sederhana ini juga bisa membantu atasi gangguan pencernaan.

Seperti halnya pemaparan dalam sebuah artikel yang pernah saya temukan di internet dalam sebuah blog ternama dan saya baca, mengatakan bahwa; Mendapatkan resep untuk melakukan sit up jika mengalami gangguan pencernaan mungkin terdengar agak aneh. Namun tanpa disadari, sit up bisa memiliki beberapa manfaat yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Salah satu gangguan yang bisa diatasi adalah perut kembung. Bila seseorang memiliki otot yang tegang maka cenderung mengembangkan kembung dan terasa penuh gas. Jika seseorang melakukan sit up maka bisa membantu meningkatkan otot perut dan melonggarkannya.

Saat perut banyak gas dan kembung maka usus akan meluas, jika seseorang memiliki otot yang tegang maka ada ruang yang kurang untuk gas tersebut. Sebaliknya gas cenderung mendorong saluran pencernaan dan keluar lewat dubur. Sit up membantu mempermudah pengeluaran gas tersebut.

Dalam beberapa kasus, gas yang berlebihan dan kembung bisa menunjukkan kondisi medis yang serius dan butuh pertolongan. Kondisi perut kembung dan penuh gas berhari-hari atau bersendawa lebih dari 23 kali sehari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Gangguan lain yang bisa diatasi adalah meringankan sembelit yaitu salah satu keluhan kesehatan yang paling umum. Perempuan terutama yang sedang hamil, orang di atas usia 65 tahun dan yang baru menjalani operasi lebih rentang mengalami sembelit.

Olahraga senam secara menyeluruh yang mencakup sit up diketahui dapat membantu mencegah atau mengurangi sembelit, sehingga seseorang lebih lancar untuk buang air besar.

Namun tak semua gangguan pencernaan bisa diatasi dengan sit up. Masalah seperti gastroesophageal reflux (naiknya asam lambung atau makanan yang dicerna ke kerongkongan) justru bisa memburuk dengan melakukan sit up.

Jika ingin melakukan sit up sebaiknya jangan setelah makan atau makan berat karena tubuh perlu waktu untuk mencernanya. Selain itu gunakan pakaian yang longgar untuk menempatkan sedikit tekanan di perut.

Nah itulah pemaparan dari Ringankan gangguan pencernaan dengan sit Up yang saya kumpulkan dalam label Kesehatan, silahkan baca ulang bila mungkin belum di mengerti, selamat membacanya, selamat mencobanya, dan yang pasti semoga bermanfaat.

Ringankan Gangguan Pencernaan Dengan Sit Up Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iman Zenit