Tips Berkomputer Dengan Posisi Tubuh Yang Benar

Tips Berkomputer Dengan Posisi Tubuh Yang Benar - Tips Berkomputer Yang Sehat - Penggunaan dalam waktu lama dalam berkomputer sangat melelahkan tubuh, itu sepertihalnya yang saya alami sendiri tentunya. Kemudian, Taukah anda bahwa berkomputer dalam waktu lama sangat berppengaruh pada tubuh? Nah, di bawah ini saya punya beberapa solusi untuk mengantisipasi semua kemungkinan-kemungkinan tentang bahayanya berkomputer dengan posisi tubuh yang salah. Mungkin ada baiknya kita mulai sekarang mengatur letak komputer atau posisi tubuh kita ketika menggunakan komputer, apalagi jika kita rutin menggunakannya dan cukup lama penggunaannya.


Usahaakn badan pada posisi tegak di depan layar monitor komputer, dengan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45 - 70 cm. Letak tepi atas monitor sebaiknya berada pada posisi garis lurus dengan mata sehingga kepala tidak menengadah ataupun menunduk ketika memandang komputer.
Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar mendapatkan posisi yang pas dan nyaman untuk tubuh.

Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse. Posisi jari tangan usahakan agar selalu lurus ketika sedang tidak mengontrol mouse.
Seperti pada penggunaan mouse, ketika menggunakan keyboard usahakan agar posisi tangan dan jari agar selalu sejajar. Usahakan lengan atas dan bawah membentuk sudut 90 derajat saat mengetik.
Sangga seluruh punggung dengan sandaran kursi yang empuk untuk menghindari pegal. Gunakan sandaran kaki sehingga merelaksasi posisi tungkai kaki.

Nah, kalau yang Berikut di bawah ini merupakan 12 Tips Berkomputer yang baik dan sehat yang bisa juga anda pakai.

1. Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi-rendah dan senderan punggungnya.

2. Posisi monitor bagian paling atas setidaknya setinggi 5-8 cm di atas arah pandang mata.

3. Untuk menghindari efek silau dari layar monitor, bisa gunakan filter atau pelindung
anti silau.

4. Duduklah dengan jarak sekitar satu rentangan tangan dari monitor.

5. Kaki harus dapat menjejak pada lantai atau pada pijakan kaki yang stabil.

6. Jika menggunakanalat pemegang/penjepit dokumen, tingginya samakan dengan layar monitor.

7. Antara siku dan pergelangan tangan sejajar dan lurus saat menggunakan keyboard / mouse.

8. Lengan dan siku berada dalam posisi santai dekat dengan tubuh Anda.

9. Monitor dan keyboard posisikan di tengah hadapan Anda.

10. Gunakan keyboard yang memiliki bagian pengungkit di bawahnya untuk mengatur posisi.

11. Gunakan alas kerja atau meja yang stabil dan tidak goyah.

12. Sesekali lakukan istirahat pendek dengan berdiri, perenggangan dan melihat arah lain.

Oke, sampai dini dulu pemaparan dari Tips Berkomputer Dengan Posisi Tubuh Yang Benar, dalam kumpulan tips kali ini, semoga bisa membantu anda untuk solusi-solusi tepat tentang berkomputer dengan posisi tubuh yang benar untuk menuntun anda supaya selalu bisa menjaga kesehatan tubuh anda. Ingat hari ini adalah penentu hari esok, jadi, jagalah hari ini dengan baik.
Semoga bermanfaat.